Memahami Hukum Hak Cipta dan Cara Melisensikan Karya Seni Anda Sebagai Desainer

Info Hak Cipta / Lisensi:

Konstitusi AS, Pasal 1, Bagian 8 memberdayakan Kongres untuk “mempromosikan kemajuan ilmu pengetahuan dan seni yang berguna dengan memberikan hak eksklusif kepada penulis dan penemu untuk waktu yang terbatas atas tulisan dan penemuan mereka masing-masing.” -dasar hukum hak cipta saat ini

Dalam dunia visual saat ini, karya yang dibuat oleh seorang desainer grafis adalah salah satu sarana paling kuat untuk mengkomunikasikan ide-ide dalam masyarakat kita dan menghasilkan pendapatan untuk klien tertentu. Logo, kampanye iklan, tips beriklan merek komersial atau keseluruhan perusahaan yang sukses, dapat membangkitkan niat baik perusahaan di benak publik dan menggerakkan seluruh populasi untuk bertindak.

© Hak Cipta: hak seniman untuk mengontrol penggunaan seni kreatif asli mereka (yang juga memberikan dasar untuk penetapan harga, lisensi, dan praktik perdagangan yang adil)

1978 – Undang-Undang Hak Cipta mulai berlaku

1989 – Undang-undang hak cipta AS secara otomatis melindungi karya seni asli dari saat pembuatannya bahkan tanpa mencantumkan pemberitahuan hak cipta yang selalu memungkinkan artis untuk mengajukan klaim atas pelanggaran hak cipta meskipun dia belum pernah mendaftarkan karya yang dipermasalahkan.

1998 – Digital Millennium Copyright Act (DMCA) menjadi efektif juga termasuk lingkungan jaringan digital serta media cetak, film dan rekaman.

Istilah hak cipta: Umur artis + 70 tahun

Merek Dagang: TM atau ®
Sementara hak cipta melindungi karya seni atau sastra dan paten melindungi sebuah penemuan, merek dagang melindungi nama atau identitasnya.

Merek dagang yang valid memberi pemilik hak untuk mencegah orang lain menggunakan merek yang mungkin mirip dengan merek pemiliknya, terutama jika orang lain menggunakan merek tersebut untuk barang atau jasa serupa sehingga menghormati kekayaan intelektual pemiliknya.

Namun, simbol ® HANYA dapat digunakan SETELAH Pemerintah AS memberikan sertifikat pendaftaran federal. (Nike, Mercedes, dll …). Mendaftar melalui pemerintah federal memberi Anda hak lebih jika terjadi pelanggaran di seluruh Amerika Serikat, bahkan di wilayah geografis di mana merek dagang tidak digunakan.

Hak Lisensi:
Melisensikan hak cipta kepada klien untuk menggunakan dan menggunakan kembali atau mereproduksi desain, kampanye iklan, logo, dll … untuk tujuan tertentu, untuk jangka waktu tertentu, atau untuk wilayah geografis tertentu dengan biaya adalah masalah keadilan dasar dan praktik bisnis standar di industri.

Hak cipta seorang artis sebenarnya adalah sekumpulan hak individu. Setiap penggunaan tertentu dapat ditransfer langsung atau dilisensikan secara terpisah untuk jangka waktu tertentu. Biaya ditentukan terutama oleh nilai yang disepakati antara pemberi lisensi (artis) dan penerima lisensi (klien). Hak apa pun yang tidak ditransfer secara eksplisit secara tertulis tetap menjadi milik pencipta.

* Dalam industri desain / periklanan, nilai suatu karya seni atau desain sangat dipengaruhi oleh penggunaannya.

Seniman dapat melisensikan karyanya dengan biaya lisensi tetap atau dengan biaya royalti untuk jangka waktu tertentu sebagaimana disepakati oleh pemberi lisensi (artis) dan penerima lisensi (klien).

Sangat penting untuk lebih spesifik karena setiap jenis desain dan tingkat penggunaan mempengaruhi nilai akhir karya seni DAN cakupan jumlah pekerjaan desain yang harus diselesaikan. Informasi ini pada akhirnya akan membantu menyelesaikan struktur harga untuk perancang dan anggaran kreatif untuk klien.

Tarif Pengaturan:
Tarif bervariasi berdasarkan beberapa faktor penentu:

1.) Distribusi:
Pasar massal – pengecer besar dengan potensi volume penjualan yang meningkat vs. pasar khusus – toko butik dengan potensi volume penjualan yang lebih rendah
Berkaitan dengan perusahaan rintisan: cari tahu berapa banyak dan potongan produk, pakaian, aksesori, materi promosi / barang dagangan mana yang rencananya akan diproduksi oleh klien untuk proses produksi awal dan selanjutnya.

2.) Jenis media / produk:
Di manakah karya desain yang telah selesai akan muncul? Cetak (Majalah, Publikasi Koran), Digital (Web, Email, Media Sosial) Luar Ruang (Papan Tanda / Papan Tanda, Jasa pembuatan Neon Box Full Akrilik yogyakarta Baliho) atau Berbagai Bentuk Media? Berapa banyak media dalam setiap kategori pasar yang akan menampilkan karya seni tersebut? (misalnya, 1 majalah atau 10? 1 billboard atau 50 ?, dll …)

3.) Area geografis penggunaan:
Seberapa luas karya tersebut akan digunakan: lokal, regional, nasional, internasional? Ketika rentang pasar meningkat, begitu pula eksposur pekerjaan, yang dapat meningkatkan nilainya saat ini dan di masa depan.

4.) Durasi penggunaan:
Berapa lama karya desain akan digunakan – untuk satu kali, satu tahun, dua tahun? Batasan durasi penggunaan memungkinkan desainer untuk mengontrol eksposur pekerjaan mereka dan untuk menerima nilai pasar yang wajar di setiap tempat di mana karya mereka muncul.

Kepemilikan seni asli:
Memberi klien hak atas karya seni atau desain untuk penggunaan tertentu atau jangka waktu tertentu berbeda dengan menjual karya seni fisik kepada klien dan mengirimkan semua file elektronik. Penjualan seni asli dianggap sebagai pasar sekunder bagi desainer grafis dan, menurut undang-undang, merupakan transaksi yang terpisah dari pengalihan atau penjualan hak reproduksi ATAU biaya kreatif asli untuk desain awal karya seni.

Hak Semua-Termasuk “persyaratan:”
Hak lisensi semacam itu memungkinkan klien untuk satu kali menjalankan atau menggunakan karya seni, penggunaan karya seni yang tidak terbatas, penggunaan reproduksi karya seni yang tidak terbatas, termasuk area geografis, semua jenis media yang berbeda tetapi untuk jangka waktu terbatas (biasanya 1 tahun), dll. Hak-hak yang berkaitan dengan biaya lisensi akan disepakati oleh kedua belah pihak dalam kontrak lisensi yang mengikat secara hukum.

* artis juga berhak meminta pembatasan durasi penggunaan dan memisahkan desain yang berbeda ke dalam lisensi yang berbeda, sehingga desainer dapat lebih mengontrol pemaparan karya mereka dan menerima nilai pasar yang wajar di setiap tempat di mana karya mereka muncul.

Misalnya, artis dapat “menggabungkan” hak semua termasuk kepada klien untuk semua karya seni KECUALI untuk penggunaan iklan dalam publikasi (majalah dan / atau surat kabar) dan akan membatasi jumlah “penayangan” menjadi 5 per tahun alih-alih jumlah yang tidak terbatas . Semua “berjalan” lainnya dengan iklan artis / kampanye iklan akan membutuhkan biaya lisensi tambahan.

Pembelian Semua Hak:
Terakhir, ada klausul semua hak, juga disebut “pembelian”, yang memberikan izin penuh kepada klien untuk semua hak cipta dari semua karya seni asli termasuk semua file elektronik asli yang dibuat artis untuk klien tersebut. Jenis transaksi ini selalu menjadi titik harga paling substansial dan tertinggi dalam negosiasi untuk artis dan klien. Nilai untuk semua karya seni asli sangat sulit diukur untuk harga pasar yang adil karena harga pembelian ditentukan untuk karya seni tersebut untuk nilai perusahaan saat ini DAN di masa mendatang. Klausul pembelian semua hak akan berlaku seumur hidup perusahaan klien dan akan diselesaikan dengan kontrak pembelian yang mengikat secara hukum.

Baca Juga: Perawatan Stem Cell untuk Cedera Tulang Belakang: The New Frontier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *