Gejala dan Pengobatan Linu Panggul Biasa

Linu panggul adalah suatu kondisi nyeri yang berasal dari saraf linu panggul. Saraf Linu Panggul adalah saraf besar yang membentang dari punggung bawah ke belakang setiap kaki. Tergantung pada tekanannya, rasa sakitnya mungkin menetap di daerah punggung bagian bawah dan bokong atau mungkin menjalar ke bawah kaki.

Beberapa penyebab Sciatica adalah slipped disk, cedera atau fraktur pelvis, sindrom Piriformis (gangguan yang melibatkan otot sempit di bokong), tumor, kehamilan, spondylolisthesis, dan stenosis tulang belakang lumbar.

Gejala linu panggul bervariasi pada orang. Beberapa merasa kesemutan ringan, sensasi terbakar, dan nyeri tumpul, yang lain mungkin tidak mampu bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tingkat keparahan rasa sakit tergantung pada sejauh mana cedera saraf.

Biasanya kita melihat gejala berikut pada pasien secara keseluruhan:

1) Nyeri tajam di satu bagian, biasanya punggung bawah, punggung kaki, nyeri punggung dan perawatan tanpa operasi nyeri di pinggul dan bisa menjalar ke kaki atau jari kaki.

2) Kelemahan, mati rasa, sensasi terbakar di kaki.

3) Terkadang menjadi sulit untuk menggerakkan kaki.

4) Kasus ekstrem menunjukkan hilangnya kontrol kandung kemih atau usus.

Rasa sakit bertambah dalam mengikuti gerakan tubuh:

1) Berdiri atau duduk.

2) Bersin, batuk atau tertawa.

3) Tidur.

4) Membungkuk ke belakang.

5) Berjalan.

6) Gerakan berulang (terutama di ekstremitas bawah)

Linu panggul biasanya mempengaruhi satu sisi tubuh bagian bawah. Rasa sakitnya bisa jarang dan menjengkelkan atau parah dan melemahkan.

Obat untuk Linu Panggul:

Linu Panggul memiliki beberapa penyebab yang mendasarinya, oleh karena itu perlu dicari penyebabnya sebelum Anda dapat menemukan cara pengobatan yang efektif. Dalam beberapa penyebab Linu Panggul (seperti stres), perawatannya sesederhana istirahat dan meditasi. Pengobatan Linu Panggul biasanya dibagi menjadi beberapa kategori termasuk pengobatan rumah, terapi pengobatan hnp, fisioterapi, dan pembedahan dalam kasus terburuk.

Obat rumah:

1) Oleskan es dan / atau panas ke area yang terkena. Es digunakan pertama kali dalam interval 30-45 menit dan memutar panas sesudahnya. Es lebih baik digunakan dalam bentuk paket es jika tersedia, untuk melindungi kulit. Tas pemanas juga tersedia di toko obat setempat.

2) Beristirahat selama beberapa hari.

3) Hindari kegiatan seperti mengangkat barang berat dan memutar punggung Anda. Ini harus diikuti selama 6 minggu setelah timbulnya rasa sakit.

4) Mulai olahraga ringan setelah 2-3 minggu.

5) Latihan peregangan ringan setiap hari.

Perawatan obat:

Jika pengobatan rumahan tidak berfungsi, pengobatan merupakan pilihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada)

1) Obat bebas seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin IB), dan aspirin dan Naproxen.

2) Dokter meresepkan relaksan otot

3) Antidepresan juga diresepkan dalam kondisi parah.

4) Steroid disuntikkan di ruang sekitar saraf tulang belakang.

Fisioterapi

Fisioterapi adalah pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan linu panggul. Ini memberikan pengkondisian dan perawatan yang tepat untuk daerah yang terkena. Fisioterapis – seorang dokter yang berspesialisasi dalam kedokteran fisik dan / atau pelatih kebugaran yang terdidik dapat membantu. Terapi ini bervariasi tergantung pada kondisi medis. Karena itu diperlukan arah yang tepat.

Operasi:

Ketika nyeri Linu Panggul tidak dapat dihilangkan dengan langkah-langkah di atas daripada operasi direkomendasikan, tetapi hanya ketika semua pilihan lain gagal.

Ada dua jenis operasi yang dilaksanakan tergantung pada kasusnya.

1) Mikrodisektomi – Bedah terbuka kecil.-

Ini dilakukan ketika ada herniasi disk. Sebagian kecil dari disk dikeluarkan dan statika menunjukkan bahwa 90-95% pasien menerima bantuan dengan operasi ini.

2) Lektar laminektomi – Dekompresi terbuka.-

Ini digunakan untuk pasien dengan stenosis tulang belakang lumbal. Pembedahan ini terdiri dari pengangkatan sebagian kecil tulang atau diskus yang mengenai saraf skiatik.

Nyeri yang terkait dengan sistem saraf mudah salah didiagnosis. Jika rasa sakit sedang berlangsung dan / atau ekstrem, tetapkan janji temu untuk berkonsultasi dengan ahli saraf atau spesialis nyeri sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *